[Notice] Testimonial Itu Bersifat Wajib (Ketentuan)


Hari ini saya tidak update artikel karena ada beberapa permasalahan yang saya jadikan prioritas. Terlebih, saya ingin memberikan sesuatu berkenaan tentang Testimonial. Sebelumnya saya tidak bermaksud bahwa ucapan terima kasih harus berpatok pada 'tulisan'. Tapi saya lebih mengapresiasi lebih bagi orang yang telah (sudah) konsultasi ke saya dan permasalahannya dapat terselesaikan (berhasil), maka setiap klien wajib memberikan Testimonial ketika berhasil.

Karena bersifat wajib , maka ada beberapa konsekuensi apabila permasalahan si peminta bantuan (klien) berhasil tapi tidak memberikan Testimonial.

1.) Saya tidak akan ikut campur lebih dalam untuk penyelesaian selanjutnya.

Kita tidak pernah tahu apakah kamu dengan dia akan terus bertahan lama. Jadi jika ada flek atau konflik penyebab kesalahannya berasal dari kamu maka secara langsung saya tidak akan membantu untuk memperbaikinya. (Perubahan sikap dia akibat kesalahan dari kamu).

2.) Saya tidak menganggap kalau kamu pernah konsultasi

Walaupun saya (juga) berpikir toh setelah permasalahan selesai tidak akan pernah lagi yang namanya 'minta bantuan'. Di lain sisi, saya juga akan seperti statement yang saya jelaskan bahwa setelah ada permasalahan lainnya , saya memiliki hak untuk tidak turut menyelesaikan permasalahannya.

3.) Saya lepas proses amalannya

Ini mungkin hanya beberapa pilihan dari kemungkinan terburuk. Mungkin bisa saja saya melepas proses setelah berhasil tanpa sepengetahuan atau izin dari yang bersangkutan. Beberapa penyebab lainnya adalah karena setelah berhasil tidak ada sama sekali kabar bahwa permasalahan telah terselesaikan. Dalam hal ini saya tidak berkenan untuk refund maupun mengulang proses nya lagi. Maka pahami point ini.

Catatan:
Ada beberapa pengecualian lainnya apabila yang bersangkutan memang melakukannya secara tidak sadar, maupun dalam konteks yang tidak sempat untuk memberikan feedback perkembangan. Tapi yang terpenting kesimpulan intinya bahwa Pemberian Testimonial bersifat wajib.

Haidar A.

[Notice] Testimonial Itu Bersifat Wajib (Ketentuan)